Sunday, September 22, 2019

TIPS UNTUK PARA JOB SEEKERS MILLENNIAL


Minggu sore yang sangat cerah sekali, sangat pas untuk sharing sebuah pengalaman yang terangkum dalam sebuah catatan ringan. Silakan disimak ya bro, boleh usul atau berdiskusi lho ya, silakan berkomentar secara santun dan manusiawi.

Upgrade Ur Self
Tips ini terkhusus untuk para pejuang pencari kerja dan pejuang masa depan yang harapannya tentu adalah better than present condition, ciyeileh! 😅👌🏽

Apa saja tips dari gue? Yuk simak!

1. CV/resume dengan design menarik (eye cathcing) itu memang bagus, tapi isi dari CV/resume tersebut jauh lebih penting, maka buatlah CV/resume yang informatif dan menarik, ndak perlu tabrak warna biar kontras dan norak, biasa saja deh natural saja.
2. Kalo sedang apply, ikutilah prosedur yang tertera dan isilah body email dengan rapi dan jelas! Detail! Ini perihal etika dan kejelian seorang kandidat.

3. Kalau misalkan tidak bisa menghadiri interview, coba untuk informasikan selambatnya satu hari kerja sebelum hari H interview, terlepas alasan apapun, ini perihal kualitas diri kita sendiri dan etika tentunya!

4. Istirahat yang cukup juga sangat penting. Untuk menyiapkan fisik dan mental saat menghadiri sebuah sesi tes (baik psikotes atau interview). Olahraga juga bagus untuk meningkatkan rasa percaya diri! Coba saja kalau gak percaya.

5. Be your self. Ini poin paling utamanya! Karena dari pembicaraan saat interview, HRD bisa lihat bagaimana karakter aslimu, apakah kamu orang yang bisa diajak kerja sama atau tidak. HRD memang dididik dan terskenario demikian. Kalo mulai terindikasi (hal-hal yang tertera di CV tidak sesuai dengan fakta), maka penilaian terhadapmu akan menjadi negatif.

Silakan terus semangat dan tetap berjuang bagi yang menginginkan sebuah perubahan. Stuck di tempat yang tidak nyaman hanyalah buang-buang waktu dan akan semakin menuakan diri untuk kemudian menjadi terlihat “kurang menarik” atau bahkan bisa saja malah “ndak laku” di pasaran. 😁👌🏽

Robi Cahyadi
Deputi Bidang Mental PSJ-45
Aktif menulis di www.robicahyadi28.blogspot.com

No comments:

Post a Comment