Friday, July 12, 2019

Mechanical: Skills Wajib Sarjana Teknik

Jika Anda merupakan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan kesarjanaan di bidang teknik mesin, atau Anda adalah seorang sarjana teknik khususnya teknik mesin setidaknya Anda harus memiliki 5 keterampilan dasar berikut ini. Ini penting sekali dimiliki untuk menunjang karir, kinerja, dan juga sebagai self branding diri Anda kepada pengguna tenaga kerja jika Anda sedang dalam proses pencarian kerja. Mari kita ulas satu persatu kemampuan apa saja yang hendaknya dimiliki.


Welder (Tukang Las) 


1. Sikap (attitude)

Saya menulis paling awal yaitu attitude alias sikap. Tidak ada perusahaan yang tidak mengutamakan parameter 'sikap' untuk pekerjanya tidak terkecuali bagi lulusan teknik mesin. Ini terlihat jelas dalam banyak perekrutan yang mereka adakan, pasti dipenuhi syarat berupa sikap yang baik, tes psikologi, tes kepribadian atau semacamnya. Itu untuk mengetahui karakter kita sebagai calon karyawan. Teman saya, seorang psikolog, mengatakan 'kaum' mereka bisa membaca sifat kita semudah membaca buku. Ini jelas masalah besar bagi kita yang masih sulit dikendalikan. Sifat tak mudah diubah secara instan. Beruntunglah kalian yang banyak berorganisasi, banyak bergaul, tentu saja banyak paham bagaimana memposisikan diri dalam Lingkungan, bersama orang lain. Mulai dari sekarang, biasakanlah komitmen, bekerja secara baik, membangun karakter pekerja dan belajar hal-hal baru. Itu akan sangat membantu, tidak hanya untuk lulus tes tetapi juga untuk bertahan di dunia kerja yang sangat keras.


2. Kemampuan Akademik

Jika masih ada yang mengatakan bahwa pelajaran kuliah tidak dipakai di dunia kerja, saya punya dua sanggahan. Pekerjaan yang tak sesuai dengan cita-cita, atau dulu kuliahnya salah jurusan? Asal benar-benar belajar sebagai calon insinyur mesin, saya mengisi pekerjaan kita sehari-hari tidak akan jauh-jauh dari pelajaran kuliah. Untuk itu, persiapkan diri dengan mempelajari kembali materi-materi kuliah. Meskipun tidak mampu dengan isi-isinya, minimal pahami kulit-kulitnya. Beberapa ilmu teknik mesin yang bagiku paling banyak dijumpai di pekerjaan yaitu statika struktur ditambah mekanika kekuatan material, dan tentu mekanika fluida. Ilmu yang dibutuhkan tentu sesuai bidang yang dibutuhkan. Jangan lupa pahami dasar matematika dengan baik. Jangan sampai seperti saya. Dulu saat tes kerja pertama, rumus luas dan keliling lingkaran saja masih tertukar-tukar. Ini sederhana tapi sangat penting kedudukannya, paham dasar-dasar matematika!


3. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

Memang kadang-kadang nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) yang ditulis di ijazah tak selalu mewakili kemampuan akademik seseorang. Namun, nilai IPK yang tinggi akan sangat dibutuhkan di dalam aplikasi pemilihan. Pengalaman saya, dapatkan saat lulus IPKmu sudah melampaui angka 3 dari 4 skala. Beberapa perusahaan terkadang tidak menerima lagi calon karyawan yang ber-IPK di bawah 2,7. Meskipun kita cukup cerdas, namun kadang-kadang kita tidak terbukti pada mereka jika harus ditolak di awal gara-gara IPK jeblok. Beberapa perusahaan terkadang lebih spesifik melihat pada nilai mata kuliah kita yang akan mereka butuhkan. Perusahaan konstruksi misalnya, biasanya mereka akan melihat nilai statika struktur kita, bagus atau tidak. Lalu ditanyakan lagi saat tes wawancara. Jadi jangan main-main dengan IPK. Jika saat ujian semester kita kenal semboyan 'posisi menentukan IPK ", saat seleksi kerja kira-kira berubah menjadi' IPK menentukan posisi '.


4. Kuasai beberapa perangkat lunak

Ada banyak perangkat lunak yang terkait dengan seorang Insinyur. Lulusan teknik mesin akan dihargai plus jika dapat digunakan perangkat-perangkat lunak tersebut. Jika tak bisa banyak-banyak, minimal yang harus kita ketahui sebelum lulus kuliah adalah AutoCad. Percaya saya, perangkat lunak gambar teknik itu akan jauh dari rencana pekerjaan kita. Perusahaan memang bias membuat drafter, yang bisa menggambar ide-ide teknis yang kita hasilkan. Namun akan sangat merepotkan jika kita tak sedikit tentang pembuatan gambarnya. Ada banyak tempat kursus jika ingin cepat mahir, belajar otodidak pun tak masalah. Perangkat lunak lain misalnya CadWorks, CadMechanical, Caesar II, PipeFlow, SolidWorks, dan lainnya, tentu saja semakin banyak yang mengatur akan semakin baik. Lalu jangan sampai kalian lulus kuliah tanpa mengumpulkan Microsoft Office, kata minimal dan unggul. Parah itu jika sampai terjadi.


5. Miliki keterampilan lain yang mendukung

Menjelang saat-saat terakhir di kampus, manfaatkan juga untuk mendukung dan mendapatkan keterampilan yang kira-kira akan mendukung cita-cita Anda. Misalnya hobi menyelam dan naik gunung. Kembangkan itu menjadi keterampilan yang unik dan berprestasi. Seorang yang masih sempat menghadiri hobinya disela-sela kesibukan kuliah, jelas bukan orang biasa-biasa saja. Sangat mungkin perusahaan akan memprioritaskan seorang yang punya banyak kemampuan dari pada orang lain yang bisa bekerja dengan normal. Satu keterampilan plus yang penting, sangat penting sebaliknya, adalah kemampuan bahasa asing, minimal bahasa inggris. Semakin besar skala perusahaan, semakin tinggi persyaratan bahasa asingnya bahkan terkadang semakin tinggi. Menguasai bahasa Inggris adalah modal yang sangat besar untuk memulai karir impian.

Demikianlah 5 keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang sarjana teknik.

No comments:

Post a Comment