Wednesday, July 31, 2019

RENUNGAN: KITA ADALAH PERUBAHAN ITU!

KITA ADALAH PERUBAHAN ITU!


Musnik 7 PUK SPAMK-FSPMI PT. NSK akan segera dilaksanakan, tepatnya esok hari tanggal 27 Juli 2019 di Balai Karantina Pertanian Setu, Bekasi. Musnik 7 artinya usia PUK PT. NSK sudah mencapai kurang lebih 21 tahun, sebuah perjalanan panjang yang harus kita hargai bersama-sama.

Menurut Pasal 30 Peraturan Organisasi kita tentang Musnik, Musnik sendiri merupakan sebuah permusyawaratan tertinggi organisasi serikat pekerja di level PUK, yang diadakan setiap 3 tahun sekali dan dihadiri oleh sekurangnya Pengurus PUK, Badan Koordinasi, dan Perwakilan Perangkat Organisasi yang lebih tinggi.

Fungsi Musnik diantaranya adalah menilai dan mengesahkan laporan pertanggungjawaban kepengurusan PUK selama 3 tahun di periode kepengurusan. Di samping itu juga pada Musnik-lah program kerja kepengurusan yang baru, peraturan organisasi yang baru ditetapkan dan diputuskan. 

Yang tidak kalah penting dari semua itu dan yang paling ditunggu tentu adalah penetapan personalia pengurus PUK untuk periode selanjutnya oleh ketua terpilih dibantu tim formaturnya. Rangkaian itulah yang menjadikan Musnik sebuah agenda yang sakral juga bersejarah yang layak diketahui oleh seluruh anggota.

Kurang lebih tiga bulan yang lalu, kepengurusan yang akan habis masa baktinya telah membentuk panita Musnik 7. Panitia Musnik yang terdiri dari OC (Organizing Committe), SC (Steering Committe), dan PPK (Panitia Pemilihan Ketua) sudah bekerja super luar biasa untuk mewujudkan suksesnya Musnik 7.

Energi besar telah dicurahkan oleh seluruh panita, pikiran dan tenaga terfokus pada lancarnya Musnik 7 esok pagi hingga petang. Ini harus diketahui oleh seluruh anggota serikat pekerja PUK PT. NSK agar apresiasi kepada seluruh elemen panitia Musnik 7 setidaknya ada dalam bentuk terkecil yaitu doa, doa kebaikan.

Menyambut kepengurusan yang baru, dengan hati baik yang kita miliki perlu kiranya kita semua anggota serikat pekerja menyadari urgensi dari Musnik 7 kali ini. Suarakan kepada seluruh rekan kerja yang selama ini apatis terhadap hajat paling besar organisasi ini.

Beritakan bahwa dalam waktu yang sangat dekat lagi kita akan memiliki program kerja baru, peraturan organisasi baru, pengurus baru dan tentu adalah semangat baru untuk lebih solid dalam rangka mewujudkan cita-cita organisasi serikat pekerja yaitu menyejahterakan anggotanya.

Apapun hasil dan putusan dari program kerja, peraturan organisasi, dan terpilihnya personalia kepengursan PUK yang baru, kita semua seluruh anggota serikat pekerja PUK PT. NSK wajib mendukungnya. Kekuatan organisasi serikat pekerja bukan terletak pada siapa-siapa orang yang memimpinnya, melainkan terletak pada siapa saja yang peduli terhadap keberadaannya, dalam hal ini khususnya anggota.

Nenek moyang dan orang tua kita telah banyak mengajarkan bagaimana berjuang secara kolektif ternyata lebih terbukti membuahkan hasil dibanding bekerja secara individu. Contohnya adalah merdekanya negeri ini dari penjajahan, bukankan seluruh elemen berjuang bersatu padu dan bukan masing-masing? Saat bergerak masing-masing bukankah yang kemudian terjadi adalah adu domba dan langgengnya penjajahan?

Oleh karena itu penulis mengajak kepada seluruh pembaca khususnya anggota serikat pekerja PUK PT. NSK untuk merenungi kembali urgensi dari Musnik 7 esok pagi. Memahaminya sebagai salah satu cara berjuang agar organisasi pekerja ini tetap berada di jalur eksistensinya yaitu menjadi sarana untuk mendapatkan kesejahteraan bersama.

Jika tidak mampu untuk memberikan sumbangsih kepedulian berupa hasil pemikiran, setidaknya doa tulus kawan-kawan demi lancar dan suksesnya Musnik 7 akan didengar oleh-Nya. Suksesnya Musnik 7 berarti adalah awal yang baik untuk organisasi pekerja yang akan lebih baik lagi. Sehingga kemudian terwujudlah seperti apa yang telah menjadi penggalan dari tema Musnik 7 kali ini yaitu, “KITA ADALAH PERUBAHAN ITU!”.

No comments:

Post a Comment