Sunday, May 13, 2012

Outside Diameter Grinding


Assalamualaikum wr. Wb.

Salam solidarity forever,
Sebelumnya ingin saya sampaikan terima kasih atas ketersediannya membaca sedikit ulasan tentang RULE PROCES CENTRELEES GRINDING ini, dalam beberapa hal mungkin kita tahu bahwa ada sistem-sistem yang membutuhkan precision rotation. Sengaja saya membahas tentang precision rotation karena ruang lingkup kerja saya yang sangat erat kaitannya dengan hal tersebut,  yah, secara spesifik alat presisi rotasi yang ingin saya bahas itu adalah bearing, atau mungkin secara umum kita sebut sebagai klaher. Secara anatomi bearing terdiri atas outer ring, inner ring, cage, ball, dan seal.
(Gambar bearing)
 Dan disini saya akan lebih tekankan pada proses pembentukan penghalusan outer ring dengan cara penggerindaan halus menggunakan mesin centrelees grinding, outer ring sendiri atau ring luar dari sebuah bearing secara umum berasal dari material padat atau disebut juga dengan raw material yang sebelumnya sudah dibubut pada proses lathing. Secara rule proses, material yang sudah terbentuk dari hasil bubutan pada proses Lhating tersebut akan digerinda dulu bagian Surfacenya, dengan 2 tahapan yaitu rough surface (grinda surface kasar) dan finish surface (grinda surface halus). Setelah selesai proses surface grinding, barulah outer ring ini masuk pada proses penggerindaan outside diameter.

Pada prises inilah mesin centreeles grinding itu bertugas, outer ring yang tentunya sudah diketahui outside diameternya ini akan diproses haluskan bagian luarnya, melalui dua kali proses yang juga sama seperti pada proses penggrindaan sideface ringnya. Proses Rough dan Finish adalah standar dari penggerindaan dengan tingkat kehalusan yang tinggi (sesuai spesifikasi), adakalanya beberapa outer ring diproses grinda  melalui empat kali proses yaitu Rough, Middle, Finish dan Super Finish (sangat halus).

Adapun secara umum rule proses dari centrelees grinding itu sendiri adalah sebagai berikut:
1.ring after proses finish surface
2.masuk ke proses rough outside diameter ring
3.masuk ke proses finish outside diameter ring
4.selesai

Dalam gambarannya adalah sebagai berikut:
Keterangan:
Work piece atau Outer ring masuk melalui infeed dengan dorongan feed roller kedalam  GW (grinding wheel) yang di topang oleh Support Blade dan di jalankan oleh RW (regulating wheel). Tentunya proses penggerindaan ROUGH outside diameter akan berbeda dengan FINISH nya, dalam beberapa hal perbedaan mendasar itu adalah sebagai berikut:
#Jika rough itu menghasilkan gerindaan kasar dan sizenya masih relatf besar maka tidak dengan finish, proses finish mengahasilkan gerindaan halus dan sizenya (ukuran OUTER DIAMETER) relatif sesuai dengan target masing2 type bearing.
#jika pada proses rough sudut Regulator wheel adalah berkisar antara 40 derajat sampai 60 derajat, maka pada proses finish sudut regulator wheel adalah berkisar antara 20 derajat sampai 30 derajat.
#pemakanan Grinding wheel pada proses rough adalah 3/4 dari panjang GW
#pemakanan Grinding wheel pada proses finish adalah 2/4 dari panjang GW
#pada proses rough tingkat kehalusan grinda atau wheel relatif kasar yaitu dengan kecepatan pemakanan Diamond DRESS sebesar 5-8rpm
#pada proses finish tingkat kehalusan grinda atau wheel relatif halus yaitu dengan kecepatan pemakanan Diamond DRESS sebesar 1-2rpm

Keterangan: Putaran GW dan RW searah.
Disini akan sedikit saya ulas juga terkait alat ukur dimensi dari hasil ring grindaan tersebut.
Alat ukur yang digunakan untuk mengukur outer diameter ring pada saat proses rough adalah dial gauge sepaerti gambar ini, ada 3 item yaitu OD size, OD round genap dan ganjil. 

 
Sedang alat ukur yang digunakan pada proses finish adalah mikrokator seperi gambar ini, ada 3 item yaitu OD size, OD round genap dan ganjil.

Pada proses finish dibutuhkan ketelitian sampai pada tingkat pengukuran dimensi mikron, secara visual maupun bentuk. Untuk itu maka alat tambahan ukur untuk mengukur tingkat alur gelombang kebulatan ring yaitu dengan alat ukur berupa Wavinees meter seperti ini
 

Mungkin ini saja dulu bahasan sedikit tentang rule proses centreeles grinding pada penghalusan outside diameter ring sebuah bearing. sangat tidak sempurna penyajian ini, hanya harapan dari saya, Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. ati2 mas bro,wt gmbr yg anda muat (alat ukur)...bysa'y suatu pbrk ingin merahasiakan idntitas'y

    ReplyDelete
  2. oke. saya tahu ini sedang diedit ulang.

    ReplyDelete