Saturday, August 19, 2023

OPINI: SIFAT WAJIB LEADER

5 sifat wajib seorang leader (pemimpin):

1. Komunikator yang baik
2. Mempunyai daya konektifitas
3. Good attitude (must)
4. Menyampaikan goal dan harapan
5. Pemberi feedback yang baik

Bagaimana menurut kalian? Sudahkah kalian menjadi leader yang baik khususnya di tengah keluarga?

Komunikator yang baik didefinisikan sebagai kemampuan kita dalam membangun komunikasi yang efektif di dalam tim, tidak bertele-tele, semua kerangka komunikasinya sederhana dan mudah dipahami.

Daya konektifitas terdefinisi sebagai kemampuan dalam memahami berbagai jenis perilaku dalam sebuah tim, mampu menyatukan berbagai ego yang ada menjadi satu visi misi, team work.

Good attitude tentunya adalah sebuah keharusan, terdiri dari apa saja? Banyak. Bejibun. Kita harus sopan, murah senyum, ramah, pendengar yang baik, menghormati orang lain, dan lain sebagainya.

Menyampaikan goal dan harapan ini penting karena leader merupakan sosok pemimpin, panutan, pembawa arah sebuah tim akan menuju apa dan ke mana. Mudah? Tentu tidak. Harus diasah terus menerus agar expert dalam kemampuan ini.

Pemberi feedback yang baik berarti menjadi leader harus bisa menilai dan merespon setiap masukan. Feedback merupak umpan balik yang berarti seorang leader harus menguasai kapan dia memberikan kredit poin dan kapan memberikan kritik.

Ingin menjadi leader yang baik? Bisa kon syaratnya satu saja, menikah. Eh.

Malang, 10 Agustus 2023

No comments:

Post a Comment