Saturday, October 26, 2019

MECHANICAL: MENGENAL 5S (5R)

5S/5R
Semangat pagi great people!

Mari kembali kita mereview salah satu pilar penting dalam menunjang proses produksi di industri manufaktur atau industri lainnya yang setara. Salah satu fondasi dalam pilar TPM (Total Productive Maintenance) yang sangat familiar dan kita semua sering dengar adalah 5S/5R. Apa sajakah itu?

5S/5R tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Seiri/Ringkas
Prinsipnya adalah semua orang yang terlibat dalam proses produksi harus berupaya menyortir apa yang dianggap tidak penting dan menggunakan perlengkapan kerja yang paling efektif. Kata kuncinya adalah sortir yang tidak perlu.

2. Seiton/Rapi
Prinsip dasarnya adalah semua orang yang terlibat dalam proses produksi harus memiliki kepedulian untuk membuat lingkungan kerjanya rapi, tertata dengan baik, terkoordinasi dengan baik. Kata kuncinya adalah set in order atau menyusun segala hal secara berurutan.

3. Seisou/Resik
Yang dimaksud di sini adalah semua orang yang terlibat dalam proses produksi harus memiliki kepekaan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan kerjanya. Kata kuncinya adalah bersih.

4. Seiketsu/Rawat
Semua orang yang terlibat dalam proses produksi harus senantiasa merawat kondisi yang sudah baik dari penerapan ke tiga poin di atasnya, kata kuncinya adalah penstandaran, semua hal yang sudah baik harus dijaga dan dibuat standarnya.

5. Shitsuke/Rajin
Terakhir yang harus dilakukan dalam menjaga ke lima hal ini tentu adalah rajin, semua orang harus menjaga dan kontinyu melakukan semua aktifitas kebaikan ini. Kata kuncinya adalah sustain atau berkelanjutan.

Demikian sedikit ulasan ulang dan singkat tentang 5S/5R. Dalam dunia industri motivasi tulisan mungkin ini juga bagian dari salah satunya, yaitu Shitsuke (Rajin). Ya minimal rajin nulis buat kontinyu saling mengingatkan dan mencegah laju kepikunan pada diri penulis.

Semoga menjadi hari yang menyenangkan. Ganbatte Kudasai!

Robi Cahyadi
Mechancial Engineer

No comments:

Post a Comment