Saturday, March 23, 2013

Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Akan dijelaskan sedikit tentang beda prinsip kerja mesin 4 tak dan 2 tak.

Cara kerja motor 4-tak

Langkah 1 (langkah hisap)
Pada langkah hisap campuran udara dan bahan bakar masuk kedalam silinder,hal ini terjadi karena tekanan dalam silinder lebih rendah dari tekanan udara luar. Torak bergerak dari TMA ke TMB selama langkah ini katup masuk akan membuka dan katup buang menutup.

 Langkah II (langkah kompresi)
Pada langkah ini campuran udara dan bahan bakar yang berada dalam silinder dimampatkan oleh torak yang bergerak dari TMA ke TMB. Katup isap dan katup buang akan menutup selama gerakan ini tekanan dan suhu campuran udara dan bahan bakar menjadi naik.Dicantumkan tekanan suhu sebelum dan sesudah kompresi. Dari 60 °C penghabisan langkah isap sampai 330 °C penghabisan langkah kompresi. (Drs Daryanto,Tektik Otomotif:23).

 Langkah  III Kerja (ekspensi)
Pada langkah ini campuran udara dan bahan bakar dibakar oleh loncatan bunga api listrik dari busi yakni 5° sampai 10° sebelum torak mencapai TMA  pada langkah terjadi tekanan dan daya yang sangat besar yang akan mendorong torak dengan cepat menuju TMB, yang kemudian bertujuan menggerakan batang torak untuk memutar poros engkol, sehingga mesin dapat berputar. Posisi ke dua katup dalam keadaan tertutup.

Langkah  IV (Buang)
Pada langkah ini torak bergerak naik dari TMB ke TMA untuk mendorong gas sisa pembakaran di dalam silinder keluar melalui katup buang  pada langkah ini katup masuk menutup. dan katup buang membuka.
 Cara kerja Motor 2-Tak
Motor 2-Tak 
 
Bentuk Dasar motor 2 Tak.
          
1. Langkah kompresi dan langkah hisap.
pada langkah ini dalam motor 2 tak terjadi 2 aksi berbeda yang terjadi secara bersamaan yaitu aksi kompresi yang terjadi pada ruang silinder atau pada bagian atas dari piston dan aksi hisap yang terjadi pada ruang engkol atau pada bagian bawah piston.
Sedangkan yang terjadi dalam langkah ini adalah : 
 
#Pada saat saluran pembiasan tertutup mulai dilakukan langkah kompresi pada ruang silinder.
#Pada saat saluran hisap membuka maka campuran udara dan bensin akan masuk ke dalam ruang engkol.
2. Langkah usaha dan buang.
Dan pada langkah ini terjadi langkah usaha dan buang yang terjadi pada saat yang tidak bersamaan, jadi langkah usaha dahulu barulah setelah saluran pembiasan dan saluran buang terbuka terjadi langkah buang.
Yang terjadi dalam langkah ini adalah :
Sebelum piston mencapai TMA (titik mati atas), busi akan memercikan bunga api listrik sehingga campuran udara dan bahan bakar akar terbakar dan menyebabkan timbulnya daya dorong terhadap piston, sehingga piston akan bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah).
        semoga dengan penjabaran sedikit tentang beda prinsip mesin motor 2 dan 4 tak ini anda dapat menjadikannya sebagai acuan dalam memilih jenis kendaraan yang sesuai dengan situasi lingkungan dengan issue-issue polusi dan panas global seperti saat ini. salam solidarity forever. . .


Komponen Motor Bakar 2- tak.

Langkah Kerja Motor Bensin 2 tak . 

Dalam motor bensin 2 tak, piston melakukan 2 kali langkah kerja dalam 1 kali langkah usaha antara lain :
 

         #Torak bergerak dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas).
 
 

     Sesaat setelah saluran hisap tertutup dan saluran bias serta saluram buang membuka maka campuran udara dan bahan bakar yamg berada diruang engkol akan mendorong gas sisa hasil pembakaran melalui saluran bias ke saluran.














1 comment: