Monday, January 28, 2013

Ketawa Itu Sehat


Kawan-kawan yang digalaukan karena Alloh SWT, : )

Dalam kesempatan kali ini saya ingin sedikit mencurahkan perasaan, dimana resah ini harus bersandar kalau bukan pada secarik kertas bernama sheet blog. mungkin tidak biasanya saya seperti ini, anggap saja ini hanyalah sebuah intermezo yang dapat menghilangkan penat. karena ketawa itu sehat dan bikin fresh..... Sepakat kan??? hehe

Suatu ketika ada perlombaan cerdas cermat, bertemulah team dari Indonesia melawan Malaysia.

Juri: “Pertanyaannya terdiri dari 10 soal. Jawab dgn benar. Silakan dicoba belnya..
Malaysia: “TEET”
Indonesia: “trrreeet”
*bel-nya agak soak*

Juri: “Soal pertama, hewan apa yang haram bagi umat islam?”
Malaysia: “TEET, dinosaurus…”
Juri: “Salah!”
Indonesia mencet2 tapi bel-nya ga mau
bunyi: “Anjing, belnya mati!”
Juri: “Yap benar jawaban anjing! Soal kedua, Hewan apa yang suka dengan lumpur?”
Malaysia: “TETT, keong racun”
Juri: “Salah.”
Indonesia: “Babi lah bel punya gw ga bunyi2..”
Juri: “Iyak! Benar jawabannya Babi. Soal ketiga, warnanya kuning keluar dari manusia?”
Malaysia: “TETT,sempak ga pernah dicuci!”
Juri: “Salah!”
Indonesia: “Taik bel murahan..!”
Juri: “Wow benar sekali, jawabannya Indonesia. Soal keempat, apa nama makhluk gaib lambang kejahatan?”
Malaysia: “TEET, upin dan ipin”
Juri: “Salah!”
Indonesia: “Setanlah bel gw ga bisa bunyi”
Juri: “Benar jawabannya Setan. Soal kelima, Apa nama sebutan bagi ketidaknormalan
atau kerusakan?”
Malaysia: “TETT, Aneh”
Juri: “Salah!”
Indonesia: “Cacad Nih bel!”
Juri: “Yak! Benar jawabannya cacad.”
*soal demi soal berhasil dijawab oleh Indonesia*
Juri: “Soal terakhir, negara mana yang paling banyak menjuarai Word Cup Sepakbola?”
Malaysia: “TEET. Negara malaysia!!!”
Juri: “Salah tod!”
Indonesia: “TETT. Yes Brasil juga bel nih bunyi, asyiik..”
Juri: “Wah benar jawabannya Brazil!

SKOR Malaysia: 0 SKOR INDONESIA: 10. Selamat atas
kemenangan Indonesia…”
hehehe
Semangat yuk kakak..... jangan galau mulu..... hihi

Thursday, January 24, 2013

Contoh Lamaran Kerja


Kerja! Kerja! Kerja!
Dalam beberapa momen kita dihadapkan pada kesulitan membuat lamaran kerja yang baik dan benar, ini sebuah contoh lamaran kerja yang baik dan benar. Semoga dengan contoh lamaran ini kita dapat menjadikannya sebagai acuan ketika kita ingin melamar suatu pekerjaan. Berikut sebuah contoh lamaran kerja yang baik.

CURRICULUM VITAE

Personal information:

Full Name : Anthony William
Nick Name : Tony
Place, Date of Birth : Kediri, July 09th 1988.
Sex : Male.
Marital Status : Single.
Address : Jl.Sampurna Gg. I no. 01 RT/RW : 015/005 Kediri - East Java
Post Code : 64112 Indonesia
Telephone : +6281335040123
E-mail : anthonywilliam@yahoo.co.id
GPA :3.09

Educational Background:
2008 - 2011 : Mechanical Engineering Study Program, of Academy Technical Birmingham
2005 - 2008 : Senior High School, SMU K St. Ursula Semarang
2002 - 2005 : Junior High School, SMP N 119 Jakarta

Final Project : "Jatropha Stripper and Separate Machine Design"

Abstract Final Project

Processing of Jatropha seeds (Jatropha curcas) for its oil has been made since long time because jatropha oil has many uses. This machine only functions to do stripping process of jatropha seeds in which the stripping should be performed 2 times. It is because jatropha seeds have two layers of skin that protects the seeds. Process of stripping which is done without stripping the skin of the inner seed (black colored) will reduce the oil contain obtained. The process of stripping of this jatropha seed will be processed on machines with a capacity of 186 kg/hour, then the series of processing processes are as follows. The first seed is poured into the sortir unit, here the seed will be selected according to the size. After that, the sorted seeds will go directly to the stripper unit formed of two steel plates to break the outside skin. Once the skin is broken, the skin will be separated by a blower wind to a place that has already been prepared. 

Non Formal Education Background:

Training

2008 : Basic Leadership Training
2009 : Medium Leadership Training
2010 : Senior Leadership Training

Abilities:

1. Computer Skills:

Ø CAD/CAM : Auto CAD, CATIA.
Ø Controller : PLC program.
Ø CNC : CNC Milling, CNC Turning, Wire Cut, EDM CNC.
Ø General : MS Office, Word Processor, Spreadsheet, Presentation.

2. Capable and experienced to operate Milling CNC, Turning CNC, Wire Cut, EDM CNC.

3. Capable and know about procces maintenance and repair.

4. Capable and experienced for operating Conventional Milling, Turning, & Grinding. 

5. Capable to operate welding machine include gas welding, electric welding.

6. Familiar about mold & dies design, machining, and assembly.

Personal Objectives:

1. To gain opportunities in challenging and interesting position to develop personal capabilities, to sharpen skills, and experience a new and rich culture.

2. To gain a work opportunity that will benefit me for improving and furthering my career.

3. To be a successful person in professional life and personal life.

Qualifications:

1. Strong managerial, leadership and interpersonal skill, dynamic and proactive person.

2. Willing to work under pressure, individual and teamwork ability, hard worker, optimist, fast learner and like to learn new technology.

3. High motivated on work and achievement, also kindness to travel and relocated.


I certify that the above information is correct and complete to the best of my knowledge.



Jakarta, October 13th, 2011




Anthony william 

Manfaat Mekanika Fluida


Tugas Makalah Mekanika Fluida








Manfaat mempelajari ilmu mekanika fluida dalam bidang teknik mesin khususnya tentang sistem aerodinamika kendaraan mobil


Disusun : Robi Cahyadi
NPM : 41187001110058
Jurusan : Teknik Mesin S1
SEMESTER III


TEKNIK MESIN S1
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ISLAM “45” BEKASI
JALAN CUT MUTIA NO. 83 BEKASI
TLP. (021) 8802015-880851-53, FAX. (021) 8801192




Kata pengantar

Dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan Rahmat dan karunia-Nya kepada Penulis sehingga dapat menyelesaikan Makalah ini, yang Berjudul: “manfaat mempelajari ilmu mekanika fluida dalam bidang teknik mesin khususnya tentang system aerodinamika kendaraan mobil” 

Penulis menyadari bahwa didalam penulisan Makalah ini tidak terlepas dari berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan berbagai pihak, untuk itu dalam kesempatan ini Penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar - besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam penulisan Makalah ini.: 

1. Ibu Fitri Wiyjayanti Selaku dosen mata kuliah Mekanika Fluida
2. Teman – teman sekalian yang sudah banyak memberikan masukan bagi penulisan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa dalam proses penulisan Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisanya. Namun demikian, Penulis telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat menyelesaikan Makalah ini dengan baik. Penulis dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan, saran dan usul guna penyempurnaan Makalah ini.

Akhirnya Penulis berharap semoga Makalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.

Bekasi, 11 Januari 2013

Penulis



DAFTAR ISI

Halaman

Kata Pengantar........................................................................................................ 2

Daftar Isi................................................................................................................... 3

BAB I

PEMBUKAAN

A. Latar Belakang............................................................................................... 4

B. Metode penulisan........................................................................................... 4

C. Tujuan Penulisan.......................................................................................... . 4

BAB II

PENGERTIAN MEKANIKA FLUIDA

A. Pengertian mekanika fluida. .......................................................................... 5

B. Manfaat mekanika fluida................................................................................ 6

BAB III

GAYA AERODINAMIKA PADA MOBIL

A. Pengertian aerodinamika............................................................................... 7

B. Gaya yang bekerja pada mobil...................................................................... 8

BAB V

PENUTUP

A. Kesimpulan…………...................................................................................... 10

B. Daftar Pustaka............................................................................................... 10

C. Ilustrasi gambar terkait aerodinamika…………………………………….... 10-12




BAB I

PEMBUKAAN


A. Latar belakang

Sebagai manasiswa teknik mesin, tuntutan untuk mengetahui tentang disiplin ilmu sains seperti cabang fisika yaitu ilmu mekanika fluida sangat penting sekali. Oleh karena itu penulis mencoba mencari bahan untuk dapat disajikan menjadi makalah yang nantinya diharapkan dengan ditulisnya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

B. Metode penulisan

Dalam penulisan makalah ini penulis menggunakan metode penulisan :

1. Kepustakaan

2. Media Online Library di internet

C. Tujuan penulisan

Mengetahui manfaat mempelajari ilmu mekanika fluida khususnya tentang ilmu mekanika fluida sebagai cabang ilmu fisika yang dapat menjadi dasar perhitungan pada sistem aerodinamika kendaraan mobil.

Disamping itu penulisan ini sebagai pemenuhan tugas mata kuliah mekanika fluida yang diampu oleh ibu Fitri Wijayanti.



BAB II

PENGERTIAN MEKANIKA FLUIDA


A. Pengertian mekanika fluida

Mekanika fluida merupakan cabang ilmu teknik mesin yang mempelajari keseimbangan dan gerakan gas maupun zat cair serta gaya tarik dengan benda-benda disekitarnya atau yang dilalui saat mengalir. Istilah lain adalah HYDROMECHANIC ; sedangkan HIDROLIKA merupakan penerapan dari ilmu tersebut yang menyangkut kasus-kasus teknik dengan batas-tertentu, dan semua cara penyelesaiannya.Jadi, hidrolika membahas hukum keseimbangan dan gerakan fluida serta aplikasinya untuk hal-hal yang praktis.

Sasaran pokok dari hidrolika adalah aliran fluida yang dikelilingi oleh selubung; seperti misalnya aliran didalam saluran-terbuka & tertutup. Sebagai contoh : aliran pada sungai, terusan, cerobong dan juga pipa saluran; nozzle dan komponen-komponen mesin hidrolik. Jadi sasaran utama hidrolika adalah aliran-dalam dari fluida dengan istilah INTERNAL PROBLEMS yang berbeda dengan EXTERNAL PROBLEMS yang membahas aliran media disekeliling benda yang dicelupkan didalamnya ; seperti misalnya benda padat yang bergerak dalam air atau diudara.

Khusus tentang aliran luar, teorinya banyak dibahas dalam HYDRODYNAMICS dan AERODYNAMICS yang menyangkut perencanaan kendaraan mobil, kapal terbang dan kapal laut. Perlu diingat, istilah FLUIDA didalam MEKANIKA FLUIDA mempunyai pengertian yang lebih luas dibanding yang kita lihat dalam kehidupan sehari hari. Fluida adalah semua bahan yang cenderung berubah bentuknya walaupun mengalami gaya-luar yang sangat kecil.

Ada perbedaan antara zat-cair dan gas dalah sebagai berikut, 

Zat cair cenderung untuk mengumpul dan membentuk tetesan ( apabila jumlahnya sedikit ) ; untuk volume yang banyak ia akan membentuk muka - bekas ( FREE SURFACE ). Sifat penting lainnya dari zat-cair, perubahan tekanan dan temperatur hampir atau sama sekali tak berpengaruh terhadap volume; sehingga dalam praktek zat cair dianggap bersifat INCOMPRESSIBLE.

Sedangkan gas akan mengkerut bila mengalami tekanan dan memuai tak-terhingga besarnya bila tekanan hilang. Jadi, sifatnya betul-betul kompresibel. Selain perbedaan tersebut, pada kondisi tertentu hukum gerakan untuk zat cair dan gas secara praktis adalah sama. Salah satu keadaan yang dimaksudkan adalah, gas mengalir dengan kecepatan yang rendah dibanding kecepatan suara didalamnya.

B. Manfaat mekanika fluida

Mekanika fluida sangat penting dalam bidang ilmu pengetahuan teknik dan sains, dalam aplikasinya dikehidupan antara lain manfaat dari mempelajari ilmu mekanika fluida adalah sebagai berikut ini:

1. Biomechanics

-Aliran darah melalui arteri

-Aliran darah melelui otak

2. Meteorology dan teknik cuaca

-mempelajari pergerakan arah mata angin dan air

3. Teknik kimia

-mempelajari desain peralatan proses kimia

4. Teknik Mesin

- mempelajari cara desain pompa, kompresor, turbin, dan peralatan air conditioning.

- mempelajari perencanaan sistem aerodinamis kendaraan

- perencanaan sistem pelumasan

5. Teknik sipil

- desain sungai dan saluran air

- desain sistem perpipaan

-sistem kontrol banjir

Seperti penjelasan saya di awal dari banyaknya manfaat mekanika fulida sebagai ilmu pengetahuan seperti diatas, saya ingin menjelaskan sedikit manfaatnya dalam bidang teknik mesin khususnya mengenai sistem aerodinamika kendaraan mobil.



BAB III

GAYA AERODINAMIKA PADA MOBIL


A. Pengertian aerodinamika

Aerodinamika diambil dari kata Aero dan Dinamika yang bisa diartikan udara dan perubahan gerak dan bisa juga ditarik sebuah pengertian yaitu suatu perubahan gerak dari suatu benda akibat dari hambatan udara ketika benda tersebut melaju dengan kencang. Benda yang dimaksud diatas dapat berupa kendaran bermotor (mobil,truk,bis maupun motor) yang sangat terkait hubungannya dengan perkembangan aerodinamika sekarang ini. Adapun hal-hal yang berkaitan dengan aerodinamika adalah kecepatan kendaraan dan hambatan udara ketika kendaraan itu melaju.

Aerodinamika berasal dari dua buah kata yaitu aero yang berarti bagian dari udara atau ilmu keudaraan dan dinamika yang berarti cabang ilmu alam yang menyelidiki benda-benda bergerak serta gaya yang menyebabkan gerakangerakan tersebut. Aero berasal dari bahasa Yunani yang berarti udara, dan Dinamika yang diartikan kekuatan atau tenaga. Jadi Aerodinamika dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan mengenai akibat-akibat yang ditimbulkan udara atau gas-gas lain yang bergerak. Dalam Aerodinamika dikenal beberapa gaya yang bekerja pada sebuah benda dan lebih spesifik lagi pada mobil seperti dikemukakan oleh Djoeli Satrijo(1999;53). 

“Tahanan Aerodinamika, gaya angkat aerodinamik , dan momen angguk aerodinamik memiliki pengaruh yang bermakna pada unjuk kendaraan pada kecepatan sedang dan tinggi. Peningkatan penekanan pada penghematan bahan bakar dan pada penghematan energi telah memacu keterkaitan baru dalam memperbaiki unjuk kerja aero dinamika pada jalan raya”. 

Aerodinamika hanya berlaku pada kendaraan-kendaraan yang mencapai kecepatan diatas 80 km/ jam saja, seperti yang diterapkan pada mobil sedan, formula 1, moto gp. Untuk kendaraan-kendaraan yang kecepatannya dibawah 80 km/ jam aerodinamis tidak begitu diperhatikan, seperti pada mobil-mobilkeluarga, mobil land rover dan sejenisnya. Pada kendaraan yang mempunyai kecepatan diatas 80 km/jam faktor aerodinamis digunakan untuk mengoptimalkan kecepatannya disamping unjuk performa mesin juga berpengaruh .

Para pakar mobil formula 1 selalu memikirkan bagaimana agar mendapat bodi mobil seaerodinamis mungkin sehingga mampu mendapatkan kecepatan yang maksimal. Mobil formula 1 dapat melaju dengan kecepatan mencapai 280 km/jam ini sangat membutuhkan kejelian dan tingkat aerodinamis bodi mobil yang tentu tidak sembarangan, apabila perhitungan desain bodi mobil tidak sempurna atau salah sedikit saja dalam perhitungannya maka akan berakibat fatal.


B. Gaya yang bekerja pada mobil

Gaya-gaya yang bekerja pada mobil yang bergerak(kecepatan 80km/jam)

a. Gaya lift up. 

Yaitu gaya angkat keatas pada mobil sebagai akibat pengaruh dari: 

1. Speed. 

2. Bentuk sirip. 

3. Stream line. 

4. Aerodinamika desain. 

b. Down Force. 


Yaitu gaya tekan kebawah pada mobil akibat pengaruh dari: 

1. Konstruksi chasis 

2. Desain konstruksi mobil 

3. Penempatan beban pada mobil 

4. Penambahan aksesories pada mobil 

5. Bentuk telapak(kembangan ban) 

6. Penempatan titik berat 

7. Bobot berat dan bobot penumpang 

8. Penempatan spoiler (front spoiler dan rear spoiler). 

c. Gaya Turbulen. 

Gaya yang terjadi dibagian belakang mobil yang berupa hembusan angindari depan membentuk pusaran angin dibagian belakang mobil. 

d. Gaya gesek kulit. 

Disebabkan oleh gaya geser yang timbul pada permukaan –permukaan luar kendaraan melalui aliran udara. 

e. Ground Clearance. 

Yaitu gaya yang bekerja dibagian bawah mobil yang berpengaruh juga pada lift up.

Aerodinamika berkaitan dengan motorsport. Meski aerodinamika di mobil reli tidak terlalu signifikan, pemasangan perangkat seperti ini tidak sembarangan. Semua ada hitungan dan fungsinya. Apalagi hal ini juga diatur oleh Badan Otomotif Internasional FIA lewat peraturannya yang ketat. Memang diakui aerodinamika pada mobil reli tidak sepenting seperti di mobil-mobil balap Grand Prix. Apalagi bentuk mobil reli yang sekarang mengikuti bentuk mobil aslinya yang diproduksi secara masal. Tidak seperti mobil F1 atau yang lainnya. Tapi bukan berarti mobil reli mangabaikan masalah aerodinamika. 

Body shell dan aerodinamika mobil-mobil WRC (WRCar) yang digunakan saat ini sangat berbeda dengan WRCar era 1908-an dan 1990-an. Hal itu disebabkan peraturan FIA yang mengatur segi bobot kendaraan dan dimensi spoiler yang boleh dipakai telah berubah. Selain juga disebabkan pemahaman orang akan fungsi aerodinamika pada WRCar telah meningkat seiring kemajuan teknologi. Artinya, semakin kencang laju mobil, maka mobil membutuhkan dukungan aerodinamika yang baik dan tepat.

Bentuk bumper yang baik dengan tingkat aerodinamika yang tepat bisa membantu mendinginkan radiator dan intercooler. Selain itu membantu memotong (bypass) angina yang melewati ruang mesin. Volume udara dan kecepatan udara yang masuk dari depan dapat berfungsi mendinginkan intercooler. Wakhasil, intercooler yang dipasang bias berukuran lebih besar. Ada lagi perangkat yang terdapat di dekat bumper, yaitu air conduct, yang letaknya di bagian bawah bumper. Perangkat ini membantu mendinginkan system rem sehingga suhunya tetap terjaga. Meski rem berkali-kali digunakan dalam keadaan kecepatan tinggi, sistemnya dapat bekerja dengan baik.

Untuk mendapatkan area pendinginan yang lebih luas untuk mesin, fog lamp yang dipasang di bumper harus berukuran kecil. Bentuk rumah fog lamp pun hemispherical jarena terbukti membantu tingkat aerodinamika mobil. Bahan dasar pembuatan bumper terbuat dari flexible soft carbon. Bahkan ini anti pecah dan tidak gampang mengalami perubahan bentuk jika mobil bertabrakan.

Dalam dunia balap mobil seperti formula 1 aerodinamika memegang peranan penting karena mobil ini melaju dengan sangat kencang melawan angin. Oleh karena itu semua eleman pakar ahli selalu menganggap ilmu mekanika fluida sangat penting untuk dikaji dan terus dikembangkan untuk kepentingan pengetahuan, bisnis, dan estetika.


BAB IV

PENUTUP


A. Kesimpulan 

Dari penjabaran diatas kita dapat menyimpulkan bahwa ilmu mekanika fluida sangat bermanfaat bagi kehidupan dalam makalah ini khususnya tentang sistem aerodinamika kendaraan mobil, dengan dasar-dasar dari ilmu mekanika fluida kita mampu memperhitungkan berapa besar nilai, ukuran, bentuk, yang tepat untuk perancangan sebuah mobil yang tentunya aerodinamis dan mampu menghasilkan laju dengan maksimum serta keamanan yang memadai.

Tentu masih banyak lagi manfaat yang dapat diambil dari memepelajari ilmu mekanika fluida dalam bidang teknik mesin mesin yang tidak dapat saya jelaskan semuanya disini. 

Demikian sedikit penjelasan singkat tentang manfaat mempelajari ilmu mekanika fliuda di bidang teknik mesin khususnya sistem aerodinamika kendaraan mobil. Semoga bermanfaat.


B. Daftar pustaka


http://nuzil-news.blogspot.com



http:// f1-technology.blogspot.com 


modul bapak Ragil sukarno, ST, MT.



C. Ilustarsi gambar terkait aerodinamika

Berbagai Gaya Pada Pesawat Terbang Yang Berkaitan Dengan Fluida



Gaya Angkat Pada Kapal Selam Yang Berkaitan Dengan Fluida












Saturday, January 12, 2013

Puisi Bebas Untukmu



Sedikit lebay yuuk
Sekali-kali sah saja kan membuat rangkaian kata-kata untuk seseorang yang telah mengisi hari-hari kita.

Ini adalah sepenggal puisi untuk seorang terkasih.
Semoga dia membaca dan tertawa. hehe

Cinta
Cinta Engkau Bagaikan Embun Pagi Yang Menyejukan Hati Ini
Cinta Engkau Bagaikan Sinar Mentari Yang Menerangi Hati Ini
Cinta Ku Mohon Janganlah Engkau Berpaling Dari Diriku
Cinta Engkaulah Jantung Dari Hidupku Yang Fana ini

Kini Cinta Itu Telah Pergi Meninggalkan Diriku Dan Mimpi – Mimpiku
Cinta itu Pergi Karena Kesalahan yang Telah Ku Perbuat
Akankah Cinta Itu Akan Kembali Padaku?
Kini Hanya Serpihan Penyesalan Yang Tersisa Dari Sisa Hidupku Yang Singkat Ini
Kini Ku Hanya Bisa Berharap Tuhan Akan Memberikan Kesempatan 
Untuk Menyayanginya Sekali Lagi Dalam Hidupku

Kini ku Hanya Bisa Berdoa Agar Dia Selalu Dalam Perlindungan Dan Karunia Sang Pencipta
Sampai Waktu Ku Untuk Hidup Telah Habis Tak Akan Ada yang Bisa Mengganti Dirinya Dihatiku
Sampai Nafas Terakhirku Berhembus Hanya Cinta Dan Namanyalah Yang Akan Tetap Menghuni Tahta Terindah Dalam Hatiku Yang Terdalam

Perpisahan ... perpisahan
Karena semua tak mungkin
Hatiku tersiksa namun aku tetap tegar dan tersenyum
Kau pun begitu aku yakin kau baik-baik saja

Angin apa saja .. titip rinduku untuknya
Saat ini kami tak dapat bersama setiap saat
Karena berbeda cerita dan rutinitas
Sayangku yang selalu mengisi kalbu saat penuh haru akan rinduku

Jaga diri baik-baik,
Semoga kau temukan yang terbaik untuk kita berdua
Dari jauh ku berdoa
Kamu baik- baik saja
Senandung rinduku
Rintihan kalbuku yang rapuh tanpamu..
Tentangmu...

Salam penuh gula dariku. Agar terasa manis seperti harapanku.
Ku harap salam balik darimu

Saturday, January 5, 2013

Abu Nawas Beraksi

Sedikit kisah dari jazirah arab, lumayan buat menambah wawasan keilmuwan kita dalam hal suri tauladan. berikut ini ksahnya, silakan menikmati.

-Abu Nawas Obati Asmara Aneh Sang Pangeran-

Secara tak terduga Pangeran yang menjadi putra mahkota jatuh sakit. Sudah banyak tabib yang didatangkan untuk memeriksa dan mengobati tapi tak seorang pun mampu menyembuhkannya. Akhirnya Raja mengadakan sayembara. Sayembara boleh diikuti oleh rakyat dari semua lapisan. Tidak terkecuali oleh para penduduk negeri tetangga.

Sayembara yang menyediakan hadiah menggiurkan itu dalam waktu beberapa hari berhasil menyerap ratusan peserta. Namun tak satu pun dari mereka berhasil mengobati penyakit sang pangeran. Akhirnya sebagai sahabat dekat Abu Nawas, menawarkan jasa baik untuk menolong sang putra mahkota.

Baginda Harun Al Rasyid menerima usul itu dengan penuh harap. Abu Nawas sadar bahwa dirinya bukan tabib. Dari itu ia tidak membawa peralatan apa-apa. Para tabib yang ada di istana tercengang melihat Abu Nawas yang datang tanpa peralatan yang mungkin diperlukan. Mereka berpikir mungkinkah orang macam Abu Nawas ini bisa mengobati penyakit sang pangeran? Sedangkan para tabib terkenal dengan peralatan yang lengkap saja tidak sanggup. Bahkan penyakitnya tidak terlacak. Abu Nawas merasa bahwa seluruh perhatian tertuju padanya. Namun Abu Nawas tidak begitu memperdulikannya.

Abu Nawas dipersilakan memasuki kamar pangeran yang sedang terbaring. la menghampiri sang pangeran dan duduk di sisinya.

Setelah Abu Nawas dan sang pangeran saling pandang beberapa saat, Abu Nawas berkata, "Saya membutuhkan seorang tua yang di masa mudanya sering mengembara ke pelosok negeri."

Orang tua yang diinginkan Abu Nawas didatangkan. "Sebutkan satu persatu nama-nama desa di daerah selatan." perintah Abu Nawas kepada orang tua itu.

Ketika orang tua itu menyebutkan nama-nama desa bagian selatan, Abu Nawas menempelkan telinganya ke dada sang pangeran. Kemudian Abu Nawas memerintahkan agar menyebutkan bagian utara, barat dan timur. Setelah semua bagian negeri disebutkan, Abu Nawas mohon agar diizinkan mengunjungi sebuah desa di sebelah utara. Raja merasa heran.

"Engkau kuundang ke sini bukan untuk bertamasya." "Hamba tidak bermaksud berlibur Yang Mulia." kata Abu Nawas.

"Tetapi aku belum paham." kata Raja.

"Maafkan hamba, Paduka Yang Mulia. Kurang bijaksana rasanya bila hamba jelaskan sekarang." kata Abu Nawas. Abu Nawas pergi selama dua hari.

Sekembali dari desa itu Abu Nawas menemui sang pangeran dan membisikkan sesuatu kemudian menempelkan telinganya ke dada sang pangeran. Lalu Abu Nawas menghadap Raja. "Apakah Yang Mulia masih menginginkan sang pangeran tetap hidup?" tanya Abu Nawas.

"Apa maksudmu?" Raja balas bertanya.

"Sang pangeran sedang jatuh cinta pada seorang gadis desa di sebelah utara negeri ini." kata Abu Nawas menjelaskan.

"Bagaimana kau tahu?"

"Ketika nama-nama desa di seluruh negeri disebutkan tiba-tiba degup jantungnya bertambah keras ketika mendengarkan nama sebuah desa di bagian utara negeri ini. Dan sang pangeran tidak berani mengutarakannya kepada Baginda."

"Lalu apa yang harus aku lakukan?" tanya Raja.

"Mengawinkan pangeran dengan gadis desa itu."

"Kalau tidak?" tawar Raja ragu-ragu.

"Cinta itu buta. Bila kita tidak berusaha mengobati kebutaannya, maka ia akan mati." Rupanya saran Abu Nawas tidak bisa ditolak. Sang pangeran adalah putra satu-satunya yang merupakan pewaris tunggal kerajaan.

Abu Nawas benar. Begitu mendengar persetujuan sang Raja, sang pangeran berangsur-angsur pulih. Sebagai tanda terima kasih Raja memberi Abu Nawas sebuah cincin permata yang amat indah.

Pribadi Mulia

Sebuah cerita datang dari sudut kota penyangga Jakarta dibagian selatan. yah, Bogor. cerita ini sedikit menginspirasi kita semua untuk lebih peka sosial. karena pada hakikatnya hidup di dunia ini bukan persoalan dalil atau aturan-aturan tertulis, melainkan hidup ini adalah bagaimana kita berbuat, melakukan sesuatu kebaikan kepada orang lain, menjaga ukhuwah, kedamaian, keselarasan, dan keharmonisan untuk mencapai ketenangan batin dalam rangka menjadi hamba Allah yang taat dan berbudi pekerti luhur.


Alkisah dalam suatu siang,

Ada kejadian menyentuh dalam angkutan kota sepanjang Darmaga sampai Baranangsiang, Bogor. Pengemudi angkotnya anak muda. Di dalam angkot, duduk tujuh penumpang. Masih lima kursi yang belum terisi. Angkot saling menyalip berebut muatan. Tampak pemandangan aneh. Di depan angkot yang dikemudikan pemuda tadi, seorang ibu dengan tiga anak remaja berdiri di tepi jalan. Dua angkot berhenti. Si ibu bicara kepada sopir angkot. Kedua angkot lalu melenggang pergi.



Saat angkot ketiga berhenti, si ibu bertanya, "Dik, lewat terminal bus, ya?" Sopir menjawab, "Ya." Ibu tidak kunjung naik. Ia bilang, "Tapi kami tidak punya ongkos." Sambil tersenyum, sopir itu menjawab, "Gak papa, Bu. Naik saja." Si ibu tampak ragu-ragu. Sopir mengulangi perkataannya, "Ayo, Bu, naik saja, enggak apa-apa!" Kebaikan sopir angkot itu sungguh mempesona. Pas jam ramai, angkot lain saling berebut penumpang, sang sopir merelakan empat kursi untuk ibu dan ketiga anaknya. Empat penumpang gratisan ini turun di Terminal Bus Baranangsiang. Si ibu mengucapkan terima kasih kepada sopir.




Di belakang ibu itu, seorang penumpang pria turun, lalu membayar Rp 20 ribu. Ketika sopir hendak memberi kembalikan karena ongkos angkot hanya Rp 4.000, pria itu bilang, uang itu untuk ongkos dirinya dan empat penumpang gratisan tadi. "Terus jadi orang baik ya, Dik," ujar pria tersebut kepada sopir angkot.



Subhanallah. Begitulah seharusnya masyarakat Indonesia kita ini.

Andaikan semua manusia di muka bumi ini bisa seperti itu, mari kita mendoakan diri kita semua dan orang lain untuk senantiasa bisa menjadi orang-prang yang berbudi pekerti luhur.